Panduan Pokok untuk Menjadi Seorang Murid (Bagian 7)

0
(0)

Menjadi murid Yesus berarti terus bertumbuh dan mengalami transformasi untuk menjadi otentik dan mengalami kebebasan. Kondisi apa saja yang diperlukan untuk menciptakan atmosfir pertumbuhan? Menjadi murid Kristus pada hakikatnya adalah proses berelasi, yaitu terus menerus menjalin kehidupan dengan orang lain. Bentuk berelasi ini dapat berlangsung secara optimal melalui dinamika dalam kelompok kecil 3-4 orang yang bertemu secara teratur dapat menciptakan kedewasaan atau pertumbuhan pribadi sebagai pengikut Kristus.

Ada dua hal yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan, yaitu kepercayaan yang transparan dan kebenaran Firman Allah.

  1. Membuka hati dengan kepercayaan yang transparan
    Prinsip pedoman dari hal ini adalah kesediaan kita mengungkapkan kepada orang lain bagian-bagian hidup kita yang memerlukan jamahan transformasi (perubahan) Allah untuk menjadi sebagaimana yang Tuhan rancangkan bagi kita.
    Transparansi dalam berelasi membutuhkan kepercayaan: kepercayaan menjaga kerahasiaan, mendengarkan, dan yang didasarkan pada kerendahan hati, dan untuk mencapainya dibutuhkan beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu: 1. Peneguhan melalui dukungan (kepercayaan kita akan meningkat ketika kita merasa orang-orang di dalam kelompok memberikan kita rasa aman dan mendukung kita); 2. Berbagi kesulitan hidup ibarat air sebatas pinggang (ketika kita sudah mengalami kedekatan yang sedemikian erat satu sama lain, maka kesusahan orang lain menjadi kesusahan kita juga, dan kita sudah berada dalam relasi yang lebih dalam); 3. Mendengarkan pimpinan Tuhan dengan saksama (mendengarkan adalah perhatian yang kita berikan ketika seseorang berusaha mengenali pimpinan Tuhan dalam hidupnya. Dan kelompok kecil menjadi tempat mendengarkan, tempat menguji dan mengenali suara Allah dalam hidup kita); 4. Saling mengaku dosa (relasi yang dalam dari kepercayaan yang transparan adalah saling mengakui dosa. Membuka kesalahan dan dosa kita di hadapan saudara-saudari kita yang dapat dipercaya dan tidak menghakimi akan membawa kita pada kebebasan di mana kegelapan dihancurkan).
  2. Menerima dan menerapkan kebenaran Firman Allah dalam segala aspek kehidupan
    Hal yang kedua untuk menciptakan pertumbuhan sebagai pengikut Kristus adalah menerapkan Firman Allah di lingkungan yang relasional. Sebagai kebenaran dalam komunitas, penerapan ini membuat hidup kita terbuka bagi Firman Allah dan mempersilakan Dia bekerja di dalam hidup kita sementara kita berbagi kisah dan perjalanan hidup bersama sebagai komunitas.

Kepercayaan yang transparan mengungkapkan kerinduan terdalam kita untuk terbuka sehingga Tuhan dapat bekerja dalam hidup kita. Dan kita sebagai murid Yesus yang bertumbuh, kita akan mengintegrasikan kepercayaan yang transparan dengan penerapan Firman Allah di dalam kelompok kecil yang akan mempercepat pertumbuhan kita di dalam Kristus.


Judul Buku: Panduan Pokok untuk Menjadi Seorang Murid
Penulis: Greg Ogden
Penerjemah: Okdriati S. Handoyo
Penerbit: Katalis – Yys. Gloria, Yogyakarta (2019)
Ketebalan buku: 153 hal
Bab 7: Transformasi

Seberapa artikel ini berguna?

Klik pada "bintang" untuk memberi nilai!

Nilai Rata² 0 / 5. Jumlah vote: 0

Belum ada vote! Jadilah yang pertama menilai.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Isikan dengan ANGKA *

eBook Rekomendasi

eBook di App Store

Download on the App Store

Artikel Terbaru

Situs Rekomendasi