Panduan Pokok untuk Menjadi Seorang Murid (Bagian 5)

0
(0)

Ciri ketiga sebagai murid Yesus adalah ajarlah. Di sini kita melihat bahwa pengikut Yesus diajar dan/untuk mengajar “melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan Yesus” (Matius 28:20).

Dengan sembilan kata perintah Yesus ini, Yesus telah meringkas pekerjaan kita, panggilan kita, dan cara hidup kita. Kita harus membuat hidup kita selaras dengan perintah Yesus ini. Mari kita telaah maksud Yesus ini frasa demi frasa.

  • Ajarlah Mereka
    Ketika kita menghubungkan “jadikanlah murid” dengan “ajarlah mereka,” kita sedang berbicara tentang tindakan seumur hidup. “Memuridkan berarti ‘membuat murid,’ ‘membawa ke sekolah,’ ‘mendidik’. Bekerja sama dengan orang lain dari waktu ke waktu dalam sebuah proses mengajarkan Yesus yang edukatif.” Inilah yang disebut Eugene Peterson “ketaatan yang lama ke arah yang sama.”
    “Ketaatan yang lama” membuat seorang murid harus mengadopsi mentalitas berlatih.
    Mentalitas berlatih yaitu memiliki sikap dapat diajar (teachable spirit) dan memiliki rencana pertumbuhan rohani (disiplin rohani) baik secara pribadi maupun berkelompok.
  • Melakukan
    Yesus ingin kita sebagai murid-Nya tidak hanya sekedar melakukan apa yang Yesus perintahkan sebagai keharusan atau kewajiban. Melainkan harus ada keinginan atau kerinduan yang tumbuh di dalam diri kita berdasarkan keyakinan bahwa hanya Allah yang memiliki rencana yang terbaik dan kuasa atas hidup kita sehingga kita taat melakukan apa yang Ia perintahkan. “Ketaatan penuh hanya akan menjadi kebahagiaan penuh jika kita memiliki keyakinan penuh akan kuasa yang kita taati”.
  • Segala Sesuatu
    Segala sesuatu yang dimaksudkan Yesus adalah segala sesuatu yang berasal dari perintah Yesus. Keith Philips pernah mengingatkan kita tentang metode dip and skip.
    Dip artinya kita senang mencelupkan diri dengan janji-janji Allah, tetapi melompati (skip) perintah-perintah-Nya. Kita tidak bisa memilih hanya melakukan perintah Yesus yang menyenangkan. Tetapi juga hal yang kurang atau tidak menyenangkan bagi kita. Kita harus menaati segala sesuatu yang diperintahkan Yesus.
  • Yang Telah Kuperintahkan
    Maksudnya adalah segala sesuatu yang kita belajar dan ajarkan ini adalah perintah Yesus. Yesuslah sumber dari panggilan untuk taat ini.

Sebagai murid Yesus marilah kita dengan penuh kerinduan (bukan kewajiban) menyerahkan diri untuk belajar/ diajar, dan mengajarkan kepada orang lain untuk melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan Yesus.


Judul Buku: Panduan Pokok untuk Menjadi Seorang Murid
Penulis: Greg Ogden
Penerjemah: Okdriati S. Handoyo
Penerbit: Katalis – Yys. Gloria, Yogyakarta (2019)
Ketebalan buku: 153 hal
Bab 5: Ajarlah

Seberapa artikel ini berguna?

Klik pada "bintang" untuk memberi nilai!

Nilai Rata² 0 / 5. Jumlah vote: 0

Belum ada vote! Jadilah yang pertama menilai.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Isikan dengan ANGKA *

eBook Rekomendasi

eBook di App Store

Download on the App Store

Artikel Terbaru

Situs Rekomendasi